Minggu, 23 Februari 2014

“Istilah-istilah
perlengkapan kantor”
1. Bekal kantor (Office Supplies) adalah benda-benda yang akan habis dalam pemakaiannya sehari-hari di kantor.
contoh :
a. Kertas karbon
Kertas karbon adalah kertas dengan lapisan tinta kering yang diikat dengan lilin di salah satu sisi. Digunakan untuk membuat salinan naskah hingga beberapa salinan sekaligus.


b. Tinta printer
Tinta printer berfungsi untuk memindai, menyalin, mencetak dan mengirim faks berwarna dari sebuah unit padat yang didesain untuk kebutuhan Anda.

c. Pulpen/pena
Pulpen adalah alat yang berfungsi untuk menerapkan tinta ke permukaan, biasanya kertas, untuk menulis atau menggambar.






2. Mesin-mesin kantor (Office Machine) adalah segenap alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, dan mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan tata usaha yang bekerja secara mekanik, elektronik, dan magnetic.
Contoh :
a. Mesin pencatan informasi
Missal :
 Computer
Computer adalah adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.









 Mesin tik manual
Mesin tik manual adalah mesin tik biasa yang dijumpai sehari-hari pada tiap kantor.


 Mesin tik elektronik
Mesin tik elektronik adalah mesin tik yang cara kerjanya digerakan dengan menggunakan tenaga listrik.



b. Mesin penjilid/penghimpun
Missal :
 Binding
Binding merupakan pelengkap dalam bisnis penjilidan ,fotocopy atau percetakan.Fungsi utama mesin binding untuk menjilid kertas – kertas yang di cetak / di fotocopy menjadi sebuah buku.




c. Mesin komunikasi
Missal :
 Intercom atau Aifon
Berasal dari Bahasa Inggris yaitu Intercommunicatio yang mempunyai arti hubungan di dalam. Sedangkan menurut pengertian di kantor Intercom atau lebih dikenal dengan sebutan Aiphone, merupakan alat komunikasi yang dipergunakan untuk menyampaikan warta atau keterangan dalam lingkungan organisasi sendiri, dari suatu bagian ke bagian yang lain atau dari satu ruangan ke ruangan lain.

 Telepon
Berasal kata tele yang berarti jauh dan phone yang artinya suara berhubungan. Jadi telepon yaitu penyampaian informasi dari satu pihak kepihak lain dari jarak jauh, dalam lingkungan sendiri maupun ke luar kantor.


 E-mail
E-mail adalah salah satu cara berkomunikasi modern saat ini yang dengan kirim mengirim surat melalui jalur internet.

 Ponsel (Hp)
Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless).


 Faximile
Faximile adalah mesin atau alat untuk mengirim dan menerima data atau dokumen yang hamper sesuai dengan aslinya, baik berupa tulisan maupun gambar.

 Voice over Internet Protocol
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.


d. Mesin pengganda
Missal :
 Mesin fotokopy
mesin fotokopi merupakan peralatan kantor yang berfungsi untuk membuat salinan ke atas kertas dari berbagai sumber, seperti dokumen, buku, ataupun file-file sumber lain.



 Mesin stensil manual
Mesin stensil manual dapat digunakan untuk menggandakan warkat/surat dengan jenis kertas seperti HVS, duplicator, roneo dan sebagainya.

e. Mesin hitung
Contoh :
a. Kalkulator
Mesin hitung atau Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya sekarang ini, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan daripada komputer, handphone, bahkan sampai jam tangan.



3. Peralatan kantor (Office Appliances) adalah segenap alat yang dipergunakan dalam pekerjaan tata usaha.
Contoh :
a. Kertas
Jenis-jenis kertas :
1. Art Paper
Jenis kertas ini mempunyai tekstur permukaan yang licin dan halus. Biasa digunakan untuk mencetak brosur, majalah atau catalog.
Gramaturnya mulai dari 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr dan 150 gr.

2. Art Carton
Kertas jenis ini krakteristiknya sama dengan art paper, hanya lebih tebal. Biasa dipakai untuk mencetak kartu nama, cover buku, brosur, paperbag , map dan lain sebagainya.
Gramaturnya mulai 190 gr, 210gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr.

3. Ivory
Ivory hamper sama dengan art carton, tetapi ivory hanya mempunyai satu sisi licin, sisi yang lain tanpa coating. Ivory banyak digunakan untuk paperbag, dos-dos kosmetik. Karkteristiknya cukup tebal.
Gramaturnya 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, 400 gr.

4.Dupleks
Jenis kertas ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain berwarna abu-abu. Sisi putih ada yang coated dan ada juga yang non coated. Kertas ini umum dipakai untuk pembuatan dos packaging makanan maupun obat-obatan.
Gramaturnya mulai 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr, 450 gr, dan 500 gr.

5. HVS
Jenis bahan kertas yang memiliki permukaan kasar. Biasa digunakan untuk fotocopy atau printer. Biasanya untuk mencetak buku.
Gramaturnya mulai dari 60 gr, 70 gr, 80 gr, 100 gr.

6. Samson Kraft
Bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat. Biasa dipergunakan untuk membuat paperbag dan bungkus.
Gramaturnya yang sering dipakai 70gr dan 80 gr.

7. BC
Jenis kertas ini memiliki tekstur yang halus namun tidak coated. Tersedia dalam beragam warna. Bisa digunakan untuk mencetak kartu nama, sertifikat dan lain-lain.
Gramaturnya yang biasa dipakai 160 gr, 220 gr, 250 gr.

8. Yellow Board
Jenis kertas ini cukup tebal, biasa digunakan untuk rangka dalam suatu undangan hard cover. Kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapis dengan art paper atau dupleks.
Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 30 dan YB 40.

9. Fancy Paper
Jenis kertas dengan beragam warna dan karakteristik. Umum digunakan untuk membuat undangan. Ada banyak jenisnya seperti millennium, jasmine, java emboss, Hawaii dan lain-lain.
Gramaturnya juga cukup beragam mulai dari 80 gr, 100 gr, 220 gr, 300 gr.

10. Corugoated
Jenis kertas bergelombang untuk dos packing seperti dos indomie, dos computer dan lain sebagainya. Sama halnya dengan yellow board, kertas ini biasanya ditempel dengan kertas lain
b. Map
Map adalah sampul dari kertas tebal yang digunakan untuk menyimpan lembar-lembar surat.



c. Ordner
Ordner adalah map besar berkulit tebal untuk menyimpan surat-surat dsb.



d. Snelhecter
Snelhecter atau map snel adalah map yang mempunyai penjepit di tengah map.

e. Tempat pensil/kotak pensil
Tempat pensil/kotak pensil adalah kotak untuk menyimpan pensil. Sebuah kotak pensil juga dapat berisi alat tulis seperti Penghapus, Pena , Tip-x , Pensil warna, dan Kalkulator.



4. Perabot kantor (Office Furniture) adalah benda-benda yang pada umumnya terbuat dari kayu yang dipergunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha.
Contoh :



a. Meja kantor
Meja kantor memiliki fungsi dasar sebagai tempat untuk menulis, bekerja, meletakkan dokumen dan semua alat yang akan membantu pelaksanaan pekerjaan karyawan


b. Meja computer
Meja computer memiliki fungsi untuk menata perangkat – perangkat computer sepeti : printer,scanner,speaker,stabilizer,dan lai sebagainya.

c. Filling cabinet
Filling cabinet adalah lemari atau rak untuk menyimpan file.



d. Almari arsip
Almari arsip adalah lemari yang digunakan untuk menyimpan arsip.



5. Hiasan kantor (Office Ornament) adalah benda-benda kator yang pada umumnya untuk menambah suasana yang menyenangkan di kantor.
Contoh :
a. Vas bunga
Vas bunga adalah tempat bunga yang bisa di taruh di atas meja yang berfungsi untuk hiasan dan mempercantik ruangan.






b. Lukisan
Lukisan berfungsi untuk mempercantik ruang dari kantor itu sendiri




Tidak ada komentar:

Posting Komentar